Ciri-Ciri Globalisasi Menurut Para Ahli

Yosh, pada kesempatan kali ini, admin bakalan ngebagiin mengenai "Ciri-Ciri Globalisasi  Menurut Para Ahli", langsung ajah di baca dengan seksama.
ciri-ciri globalisasi pelajar kampus

Menurut Martin Khor terdapat dua ciri utama dari globalisasi, yaitu sebagai berikut.

  1. Peningkatan konsentrasi dan monopoli berbagai sumber daya dan kekuatan ekonomi oleh perusahaan-perusahaan transnasional maupun perusahaan-perusahaan dan dana global.
  2. Globalisasi adalah kebijakan dan mekanisme pembuatan kebijakan nasional. Kebijakan-kebijakan nasional (bidang sosial, ekonomi, budaya, dan teknologi) yang sekarang berada dalam yuridiksi suatu pemerintahan dan masyarakat dalam satu wilayah negara bangsa bergeser menjadi dibawah pengaruh atau diproses badan-badan internasional.

Adapun Hamijoyo mengemukakan ciri-ciri globalisasi sebagai berikut.

  1. Didukung oleh kecepatan informasi, teknologi yang canggih, transportasi, dan komunikasi yang diperkuat oleh tatanan dan manajemen yang tangguh.
  2. Telah melampaui batas tradisional geopolitik, batas tersebut saat ini harus tunduk kepada kekuatan teknologi, ekonomi, sosial, politik, dan mempertemukan tatanan yang sebelumnya sulit dipertemukan.
  3. Adanya saling ketergantungan antar negara.
  4. Pendidikan merupakan bagian dari globalisasi. Penyebaran dalam hal gagasan, pembaruan, dan inovasi dalam struktur, isi, dan metode pendidikan serta pengajaran menunjukkan globalisasi ini telah lama terjadi melalui literatur atau kontak antar  pakar dan mahasiswa.
Itulah sedikit mengenai "Ciri-Ciri Globalisasi  Menurut Para Ahli", mudah-mudahan berguna untuk agan dan admin, serta membawah berkah di dalamnya, sekian dan terima kasih.

Post a Comment

0 Comments